Pendarahan Rektum Setelah Olahraga

Diposting pada

Perdarahan rektum setelah olahraga mungkin berhubungan dengan sejumlah kondisi. Pendarahan dari rektum setelah adanya kegiatan fisik menandakan adanya wasir. Pada kasus lain, perdarahan menunjukkan masalah gastrointestinal yang lebih serius seperti diverticulitis atau ulkus berdarah. Dalam contoh yang paling serius, perdarahan rektal menunjukkan kanker usus besar. Konsultasi dengan dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda jika Anda mengalami pendarahan dari dubur Anda setelah berolahraga, atau jika Anda melihat darah di tinja Anda.

 

Pendarahan Rektum Setelah Olahraga

 

Baca juga: Obat Kuat Pria Yang Permanen

Wasir

Perdarahan rektal adalah salah satu gejala wasir yang paling umum, vena yang meradang biasanya disebabkan oleh ketegangan saat buang air besar, sembelit, kekurangan serat kronis dalam diet atau dehidrasi. Ada dua jenis wasir, diantaranya : internal, terletak di dalam anus, dan eksternal, yang menonjol. Biasanya jika Anda melihat perdarahan dari rektum Anda setelah berolahraga, Anda juga akan mengalami rasa sakit, bengkak dan gatal di daerah anus. Krim kortikosteroid over the counter akan mengurangi rasa sakit dan bengkak, dan pendarahan akan berhenti setelah wasir hilang.

Bisul perut

Penyebab lain yang mungkin dari perdarahan rektum adalah ulkus peptikum yang berdarah. Biasanya bisul yang berasal dari adanya bakteri infeksius Helicobacter pylori di perut, atau dari penggunaan obat anti-inflamasi non-steroid yang berkepanjangan seperti aspirin atau ibuprofen. Ulkus pendarahan dapat menyebabkan anemia atau kehilangan kesadaran. Biasanya diobati dengan obat-obatan. Tetaoi beberapa kasus membutuhkan beberapa penanganan khusus.

Diverticulitis

Diverticula adalah kantong di dalam lapisan usus besar yang menonjol melalui area dinding yang melemah. Jika kantung-kantung ini menjadi meradang, ini menghasilkan diverticulitis. Pendarahan dari rektum setelah olahraga dapat menunjukkan diverticulitis, yang sering disebabkan oleh kurangnya serat dalam makanan. Diverticulitis sering merespon dengan baik terhadap pengobatan dengan antibiotik. Kondisi ini bisa serius dan dapat menyebabkan infeksi akut, perforasi atau obstruksi kolon.

 

Baca juga: Obat Kuat Pria Yang Permanen

Kanker Usus Besar

Pendarahan dari rektum setelah olahraga juga bisa menandakan kanker usus besar. Gejala lain akan muncul, termasuk nyeri dan nyeri di perut bagian bawah, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan tinja yang sempit. Prognosis untuk kanker usus besar baik ketika terdeteksi cukup dini. Perawatan tergantung pada stadium kanker dan mulai dari operasi hingga terapi radiasi.

Pendarahan Rektum Setelah Olahraga